Video Viral Ini buat Pengemudi Wajib Waspada di Area Parkir

0
86 views

Video Viral Ini buat Pengemudi Wajib Waspada di Area Parkir

Majunkri – Sebuah video yang memperlihatkan kecelakaan selepas parkir tengah viral di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang pengemudi yang keluar dari tempat parkirnya, tidak melihat seorang anak jongkok di depan mobilnya.

Akibatnya anak tersebut ditabrak oleh pengemudi tersebut dan terlindas. Beruntung si anak bangkit berdiri dan berlari ke arah teman-temannya yang kemudian nampak mengerubunginya.

Melihat peristiwa tersebut tentu mengundang kewaspadaan kepada pengguna jalan bahwa hal tersebut bisa saja terjadi pada kita semua. Pakar safety driving dan pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkapkan memang perlu kewaspadaan dalam berkendara dimanapun berada.

“Dari kasus tersebut, sebenarnya si pengemudi sudah melihat sekeliling kendaraan. Yang tidak disadari adalah kondisi keramaian, terutama anak-anak yang berkegiatan di sekitar situ. Bahwa mereka bisa saja tidak terlihat, bergerak tidak teratur, di sini pengemudi lalai,” ucap Sony saat dihubungi Kamis (27/9/2018).

Sony mengungkapkan selain memastikan dengan penglihatan mengenai kondisi sekitar mobil, pengemudi wajib juga berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam arti memberi tahu bahwa pengemudi akan menggerakkan sebuah mesin ke arah tertentu.

Bentuk komunikasinya dapat berupa, lampu yang dinyalakan kalau malam hari. Atau klakson kalau siang hari untuk memberitahukan bahwa kendaraan yang dikendarainya akan bergerak.

“Sehingga orang-orang sekitarnya akan tahu, ada mobil yang akan bergerak. Lalu tidak langsung bergerak keluar dari titik parkir, paling tidak tunggu sekitar dua detik untuk melihat apakah ada kondisi yang berubah di sekitar. Jika dirasa aman baru keluar dari tempat parkir,” ucap Sony.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here