Sayangi Tulang dengan Tidak Berlebihan Mengonsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

0
47 views

Sayangi Tulang dengan Tidak Berlebihan Mengonsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Majunkri – Kesehatan tulang penting untuk selalu dijaga, karena organ tersebutlah yang menopang badan setiap hari. Asupan makanan dan minuman yang tidak tepat membuat tulang-tulang cepat keropos dan tidak kuat.

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang. Berbagai jenis makanan sehari-hari, mulai dari susu hingga bahkan sayur-sayuran adalah sumber kalsium yang baik bagi tulang.

Namun ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang justru merusak tulang, antara lain dengan mengganggu penyerapan kalsium. Beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dibatasi agar tulang tidak keropos antara lain sebagai berikut:

1. Soda
Mengonsumsi lebih dari 7 gelas minuman bersoda setiap minggu bisa membuat tulang kamu mengalami kekurangan mineral. Minuman berkarbonasi dapat mengurangi kepadatan tulang sehingga rentan untuk cedera dan terkena penyakit seperti osteoporosis.

2. Makanan ringan manis
Mengonsumsi banyak cemilan manis akan membuat tulang kamu keropos. Salah satu buktinya adalah gigi yang berlubang karena terlalu banyak makan makanan manis. Walaupun belum ada bukti yang kuat, tetapi gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan membuat kepadatan tulang menurun.

3. Kafein
Makanan atau minuman dengan kafein yang tinggi dapat mengurangi kepadatan tulang. Studi dari BMC Musculoskeletal Disorders pada tahun 2016 memperlihatkan bahwa kafein dapat melarutkan kalsium dalam tubuh. Setiap 100 miligram kafein yang masuk ke dalam tubuh akan melarutkan 6 miligram kalsium yang ada di tubuh.

4. Alkohol
Asupan alkohol dengan dosis tinggi berkontribusi dalam pengurangan komposisi tulang dalam tubuh, merusak struktur tulang dan memperlambat pembentukan tulang. Usia paling rentan terhadap dampak konsumsi alkohol secara berlebihan ada di remaja usia muda hingga dewasa dengan umur 19 sampai 30 tahun. Tapi jika mengonsumsinya dengan batas wajar 2 sampai 3 gelas sehari, alkohol masih bisa dinikmati.

5. Daging merah
Bagi penderita osteoporosis, mengonsumsi daging merah harus dibatasi paling tidak seminggu 2 atau 3 kali dengan porsi daging merah sebesar 4 sampai 6 ons saja. Sebuah studi dari Advances in Nutrition tahun 2017 mengungkapkan bahwa membatasi jumlah konsumsi daging merah memiliki hubungan dengan pertumbuhan tulang yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here