Prosedur Operasi Vasektomi

0
42 views

Prosedur Operasi Vasektomi

Majunkri – Vasektomi adalah metode kontrasepsi permanen dengan menyumbat saluran sperma yang dilakukan melalui operasi. Nah, seperti apa sih langkah-langkah yang harus ditempuh demi kesuksesan metode pencegahan kehamilan yang satu ini?

Beberapa langkah yang dilakukan sebelum melakukan prosedur operasi, dilansir dari webmd.com, yang pertama adalah membersihkan testis. Bisa dengan antiseptic, atau dengan mencukur dan membersihkan bulu-bulu halus yang ada.

Kemudian suami mungkin akan diberi obat penenang yang bisa mengurangi kecemasan sebelum operasi dan membuatnya merasa mengantuk. Dokter bedah kemudian akan menyuntikan anastesi ke area vas deferens, yaitu saluran sperma yang akan disumbat.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat jalan masuk menuju ke saluran vas deferens melalui kantung Mr.P. Melalui cara itu jugalah saluran atau pipa pada vas deferens dipotong.

Ujung pipa yang sudah terpotong tersebut kemudian diikat, dijahit atau bahkan bisa juga ditutup dengan menggunakan metode electrocautery. Jaringan otot yang terluka itu kemudian akan membantu menghalangi jalan masuk sperma.

Langkah terakhir adalah dengan menjahit luka yang digunakan sebagai jalan masuk untuk memotong pipa vas deferens tadi. Prosedur ini biasanya memakan waktu antar 20-30 menit dan dapat dilakukan oleh dokter bedah umum maupun dokter spesialis penyakit saluran kencing.

Pasca operasi, suami mungkin akan merasakan memar dan ketidaknyamanan. Namun, hal tersebut bisa ditangani dengan menggunakan celana pendek ketat selama beberapa hari dan menghindari melakukan pekerjaan yang berat selama kurang lebih seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here