Catat! Ini 4 Manfaat Seks Bagi Kesehatan Jiwa

0
51 views

Catat! Ini 4 Manfaat Seks Bagi Kesehatan Jiwa

Majunkri – Hubungan seks antara suami dan istri tidak hanya sekadar untuk meraih kepuasan. Berbagai penelitian menyebut seks rutin bisa juga bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan jiwa.

Martha Lee, MD, pakar seksologi klinis menyebut saat bercinta, manusia mengeluarkan emosinya secara nyata. Karena itu, bercinta memiliki banyak kaitan dengan aspek psikologis seseorang.

“Energi yang dihasilkan saat bercinta merupakan imbas dari kondisi kesehatannya secara menyuluruh. Tak hanya soal fisik, namun juga kesehatan jiwa,” ungkap Lee, dikutip dari Huffington Post.

Lalu, apa saja manfaat seks bagi kesehatan jiwa? Berikut penjelasan Lee.

Meredakan stres

Foto: thinkstock

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biological Psychology menemukan bahwa bercinta bisa meredakan stres.

Hal ini dikarenakan pada saat orgasme, manusia melepaskan hormon endorfin yang menyebabkan munculnya perasaan bahagia.

Meningkatkan percaya diri

Foto: thinkstock

Penelitian yang dipublikasikan di Archives of Sexual Behavior menyebut rutin bercinta bisa meningkatkan rasa percaya diri, sekaligus membuat seseorang menjadi lebih positif terhadap dirinya.

Hal ini terjadi karena saat bercinta, Anda mendapatkan perhatian, kasih sayang dan merasa diinginkan oleh pasangan.

Merekatkan keintiman pasangan

Foto: thinkstock

Ada alasan mengapa pasangan yang jarang bercinta terlihat tidak intim. Hal ini dikarenakan jarangnya sentuhan fisik yang terjadi antar pasangan membuat hubungan psikologis mereka menjadi renggang.

Saat bercinta dan orgasme, tubuh mengeluarkan endorfin dan hormon-hormon bahagia. Dengan begitu, keintiman antara pasangan pun tetap terjaga.

Memperbaiki kualitas tidur

Foto: thinkstock

Pentingnya kualitas tidur tak lagi diragukan. Nah, rutin bercinta membuat tubuh dipenuhi oleh hormon oksitosin yang membuat ngantuk.

Oksitosin dilepaskan oleh tubuh berbarengan dengan endorfin. Kombinasi perasaan bahagia dan rileks ini yang menjadi alasan mengapa usai bercinta banyak pasangan yang merasa mengantuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here