BNPB Ungkap Daerah Terdampak Gempa di Sulawesi Tengah

0
70 views

BNPB Ungkap Daerah Terdampak Gempa di Sulawesi Tengah

Majunkri – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho merilis daerah-daerah terdampak gempa Donggala, Sulawesi Tengah.

“Gempa 7,4 magnitudo yang terjadi maka daerah-daerah yang diperkirakan terdampak berada di Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Bangunan dan rumah roboh,” kata Sutopo saat konferensi pers, di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Berikut daerah-daerah yang terdampak gempa berdasarkan data dari BNPB di Kabupaten Donggala dan Kota Palu :

1. Kabupaten Donggala

Kecamatan Balaesang, Balaesang Tanjung, Banawa, Banawa Selatan, Banawa Tengah, Dampelas, Labuan, Sindue, Sindue Tobata, Sindue Tombusabora, Sirenja, Sojol, dan Tanantovea.

“Ini daerah-daerah yang diperkirakan mengalami kerusakan yang masiv dan korban jiwa diperkirakan banyak di sana. Namun kita belum bisa mendapatkan akses laporan yang terjadi di sana,” tutur dia.

2. Kota Palu

Kecamatan Mantikulore, Palu Barat, Palu Selatan, Palu Timur, Palu Utara, Tatanga, Tawaeli, serta Ulujadi.

“Beberapa laporan kita dapatkan di sini. Oleh karena itu, diperkirakan dampaknya meluas, korban jiwa cukup banyak dan upaya penanganan darurat sejak kemarin malam dilakukan dengan peralatan terbatas karena kondisi gelap gulita, operasi SAR, evakuasi, kemudian penanganan pengungsi,” kata Sutopo.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter menguncang Kabupaten Donggala dan sekitarnya, Sulawesi Tengah, pada Jumat sore (28/9/2018) kemarin.

Selain itu, tsunami dengan tinggi 0,5 – 3 meter menerjang Pantai Talise di Kota Palu dan Pantai Donggala Barat, sesaat setelah gempa terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here