Begini Ukuran Kafein yang Pas Agar Tetap Energik Meski Kurang Tidur

0
47 views

Begini Ukuran Kafein yang Pas Agar Tetap Energik Meski Kurang Tidur

Majunkri – Salah satu andalan bagi pekerja yang merasa ngantuk di pagi hari karena kurang tidur adalah asupan kafein. Nah, ternyata Angkatan Darat dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat berhasil menemukan takaran kafein yang tepat agar tentara tetap energik, meski kurang tidur. Berapakah jumlah yang pas?

Jumlah kafein nyatanya mempengaruhi produktivitas seseorang. Para ilmuwan menemukan, takaran kafein yang tepat dapat menghilangkan kelelahan dan menjagamu tetap fokus.

Bagi orang yang tidak cukup istirahat dapat mengonsumsi 200 miligram kafein atau setara dengan dua cangkir kopi biasa setelah bangun tidur. Lalu 200 miligram kafein lagi, empat jam kemudian. bagi yang bekerja malam, kafein yang pas adalah 200 miligram dari awal shift kerja. Sebagai catatan, kopi biasa mengandung sekitar 100 miligram kafein.

Untuk takaran kafein yang pas sebenarnya bisa dilihat dari lamanya tidur. Bagi seseorang yang tidur selama lima jam dan bangun jam 6 pagi. Ia bisa minum secangkir kopi pertama untuk mengawali pagi hari pada jam 7 pagi dan minum kopi kedua pada jam 9 pagi.

Minum kopi atau minuman berkafein ternyata bisa meningkatkan fokus kerja hingga 40 persen selama empat jam. Para ilmuwan pun kini sedang mengembangkan perangkat lunak untuk mendeteksi kafein yang tepat untuk kita terjaga saat sedang mengantuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here