Baiknya, Jam Berapa Batas Boleh Makan Malam?

0
37 views

Baiknya, Jam Berapa Batas Boleh Makan Malam?

Majunkri – Bagi perempuan yang sedang berdiet, tentunya makan malam adalah hal yang sering dihindari agar keinginan memiliki tubuh yang langsing bisa berjalan lancar. Seringkali makan malam dianggap membuat gemuk karena dianggap makanan tidak terproses dengan baik setelah makan dan langsung tidur. Namun, ada juga sebagian orang yang tidak sempat makan karena bekerja seharian yang akhirnya memutuskan untuk malam saat larut malam. Seperti yang dilansir dari klikdokter, ini alasan mengapa kamu harus mulai berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Telah banyak studi yang membuktikan bahwa memang makan malam bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Pada dasarnya secara alamiah tubuh akan mengistirahatkan organ-organnya pada malam hari untuk mempersiapkan diri untuk tidur. Jika kamu mengonsumsi makanan pada malam hari, yang ada makanan tersebut berubah menjadi lemak ketimbang energi. Kenaikan berat badan semakin bertambah juga saat kamu memang sudah lapar seharian sehingga bisa memicu nafsu makan yang meningkat saat malam hari.

Memang tidak ada waktu yang tepat untuk makan malam. Namun menurut pada medis sangat dianjurkan untuk makan 3 jam sebelum tidur. Dengan melakukan hal ini tentunya kamu akan memberikan kesempatan pada lambung dan usus untuk mencerna dan mengatur metabolisme dengan baik.
Selain itu, pakar gizi juga menyarankan jam makan yang ideal adalah pukul 17.00-18.00 karena tubuh akan lebih punya banyak waktu untuk mencerna makanan dan perut masih sedikit terisi sehingga kamu tidak cenderung berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

Penting juga untuk memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak mudah lapar. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi seperti sayur, buah, tahu, tempe, dan ikan. Namun, jika suatu malam kamu merasa benar-benar lapar maka kamu bisa mengganti makanan yang rendah kalori namun tetap menyehatkan seperti buah, yogurt, kacang, atau oat.

Nah, itu dia yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa menjaga berat badan yang sesuai tanpa perlu khawatir mengonsumsi makanan pada malam hari. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here