Alasan Ilmiah Kurma Baik untuk Buka Puasa

0
52 views

Alasan Ilmiah Kurma Baik untuk Buka Puasa

Majunkri – Bagi umat Muslim, pasti sudah mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan mengonsumsi satu hingga tiga buah kurma. Ini yang kemudian diteladani oleh banyak umat Muslim seluruh dunia.

Di balik alasan tersebut, ternyata ada alasan ilmiah mengapa berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan. Kurma kaya akan karbohidrat, serat, gula, magnesium dan potasium.

Dengan kandungan tersebut, dikutip dari Arab News, kurma bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Kandungan karbohidratnya yang tinggi memperlambat proses pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Ini untuk memberi jeda setidaknya 20 menit sebelum Anda makan besar.

Mengacu pada nilai gizi dan kesehatan dari kurma, Dr. Hassan Mehdi, seorang dokter di Arfan Clinic mengatakan, kurma memiliki banyak mineral dan energi yang dibutuhkan untuk membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Kurma kini sudah bisa ditanam di beberapa negara, tak hanya di Arab. Ada banyak varietas kurma yang dibudidayakan. Amir Haj, Saidy, Khadrawy, dan Medjool adalah beberapa varietas dengan kandungan, rasa, dan kualitas bagus.

Kurma juga merupakan salah satu buah yang memiliki nutrisi, vitamin dan mineral penting yang diperlukan untuk pertumbuhan normal, pengembangan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kurma segar terdiri dari daging lunak, mudah dicerna dan gula seperti fruktosa dan dekstrosa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here